Popular Post

Posted by : Afdha Alif Senin, 08 Februari 2016

For adalah salah satu perulangan yang ada pada bahasa pemrograman C#. Fungsi for digunakan apabila kita akan melakukan pengulangan sebanyak n buah kali. Jadi kita sudah tau berapa banyak perulangan yang kita ingiin masukan. Secara default bentuk pemrograman for adalah sebagai berikut:


  for (int i = 0; i < length; i++)
 {
       (Masukkan kode perintah disini)
 }


  • Source code tersebut dibaca, jika i sama dengan 0, i masih lebih kecil dari length (variabel yang menjadi acuan), maka i akan ditambahkan satu dan dilakukan perulangan pada kode.
  • Kode ini akan terus berulang sampai jumlah i tidak lebih kecil lagi dari besar length (kondisi sudah tidak terpenuhi).
  • Bentuk kondisi tidak harus seperti diatas, bisa diatur sesuai dengan kemauan kita. Kondisi ditentukan setelah proses inisialisasi, yaitu setelah titik koma yang pertama. Biasanya kondisi dinyatakan dengan tanda lebih dari (>), kurang dari (<), lebih dari sama dengan (>=), dan kurang dari sama dengan (<=).
For biasanya digunakan untuk perulangan yang sudah kita ketahui jumlah perulangan yang ingin kita lakukan. Perulangan for memunginkan kita untuk menspesifikasikan kondisi perulangan yang diinginkan.
Penggunaan for pada bahasa C# dapat dicontohkan sebagai berikut:

static void Main(string[] args)
{
//perulangan dasar
//perhatikan peubah "i" hanya dikenali dalam lingkup perulangan
for (int i = 0; i < 4; i++)
{
//logika yang dilakukan
Console.WriteLine("Number is : {0}", i);
}
//peubah i tidak dikenali disini
//output akan ditampilkan
Console.ReadLine();
}


Perhatikan kode yang ditulis diatas, peubah i (variabel i) hanya dikenali di bagian dalam perulangan for.i tidak dikenali di luar struktur perulangan for. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah pernyataanfor (int i = 0; i < 4; i++) dimana i=0 menunjukkan nilai awal (melakukan inisialisasi) penghitung (counter) perulangan, i<4 font=""> menunjukkan kondisi/ekspresi boolean yang harus dipenuhi agar perulangan for tetap dieksekusi, serta i++ menunjukkan pola penambahan nilai i, yang bertambah setiap 1 putaran.

Hasil Outputnya adalah sebagai berikut:


sumber:http://rezareciing.blogspot.co.id/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Afdha Alif - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -