- Back to Home »
- SIMDIK »
- CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DI MICROSOFT OFFICE WORD SECARA OTOMATIS DAN MANUAL
Posted by : Afdha Alif
Rabu, 26 Agustus 2015
DAFTAR ISI SECARA OTOMATIS
- Silahkan kamu menyelesaikan terlebih dahulu ‘batang tubuh’ konsep laporan, proposal, atau dokumen apapun itu.
- Blok kata atau frasa judul yang akan kamu tampilkan di
Daftar Isi, lalu klik pada toolbar atas ‘Heading 1’. Perhatikan gambar berikut.
- blok kata atau frasa sub judul yang akan kamu tampilkan di
Daftar Isi, lalu klik pada toolbar atas ‘Heading 2’.
- Silahkan lakukan hal yang sama pada judul dan sub judul, bab, sub bab, atau apa pun itu istilahnya, yang mau ditampilkan di Daftar Isi, sampai akhir dokumen kamu. Jika ada sub-sub judul gunakan ‘Heading 3", Jika masih ada sub-sub-sub judul lainnya, silahkan gunakan ‘Heading 4’, dst.
- Silahkan sediakan
'lahan kosong' di dokumen yang ingin dibuat daftar isi tersebut, kemudian buka
tab Reference di toolbar atas, klik Table of Contents, pilih Automatic
Table of Contents. Dan lihatlah dalam sekejap daftar isi kamu akan selesai!
Langkan selanjutnya adalah merapikan
daftar isi yang telah dibuat secara otomatis tadi.
DAFTAR ISI SECARA MANUAL
Lembar daftar isi biasanya akan selalu ada dalam sebuah
laporan, skripsi, proposal, buku, atau naskah tertentu yang mempunyai banyak
bab dan halaman. Tujuan dari daftar isi itu sendiri adalah untuk mempermudah
seseorang mencari topic atau bab tertentu dalam buku atau skripsi dan
sejenisnya tersebut. Dengan adanya daftar isi tersebut seseorang akan lebih
mudah menggambarkan isi dari karangan, atau buku dll. Lembar daftar isi biasanya
berada pada bagian halaman awal.
Nah dalam pembuatan daftar isi itu sendiri jika ditampilkan dengan rapi dan menarik, juga akan mempermudah orang untuk membaca dan mengetahui halaman yang sedang dicarinya. Berikut ini adalah salah satu cara untuk membuat atau mengatur lembar daftar isi menjadi lebih rapi dan enak dipandang.
Sebelum melangkah, kita asumsikan bahwa ukuran kertas yang dipergunakan adalah A4 dengan lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm. Batas margin kiri 4 cm sedang margin kanan 3 cm.
Nah dalam pembuatan daftar isi itu sendiri jika ditampilkan dengan rapi dan menarik, juga akan mempermudah orang untuk membaca dan mengetahui halaman yang sedang dicarinya. Berikut ini adalah salah satu cara untuk membuat atau mengatur lembar daftar isi menjadi lebih rapi dan enak dipandang.
Sebelum melangkah, kita asumsikan bahwa ukuran kertas yang dipergunakan adalah A4 dengan lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm. Batas margin kiri 4 cm sedang margin kanan 3 cm.
- Ketikkan terlebih dahulu tulisan daftar isi nya sampai selesai
- Blok semua teks daftar isi.
- klik tanda panah kecil di group menu paragraph pada ribbon Home
- Setelah muncul jendela paragraph, klik tombol Tabs yang berada dibawah
- Muncul
jendela tabs, pada tab stop position isikan 14 cm, Alignment pilih Right
dan Leader pilih None klik Set
- Isikan
kembali pada tab stop position 13 cm, Alignment pilih Left, Leader pilih 2
dan klik OK
Angka 13 cm merupakan panjang titik-titik dari batas margin kiri
- Langkah terakhir arahkan kursor pada akhir setiap teks, kemudian tekan tombol Tab dua kali dan berilah nomor halamannya.
sumber : http://www.satria.ninja/2013/05/daftar-isi.html & http://sa-far.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-daftar-isi-manual-di-ms.html